Gejala Anemia Dan Cara Ampuh Mengobatinya

ANEMIA

Pernahkah Anda merasa lemah dan malas berkepanjangan? Terlepas dari kenyataan bahwa Anda bersemangat dalam melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan merasa seperti tidak mempunyai energi untuk bergerak atau melakukan aktivitas. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati. Ini mungkin merupakan indikasi anemia yang harus dirawat. Dari penjelasan American Society of Hematology, anemia yaitu suatu gejala di mana kapasitas sel darah merah (hemoglobin)menjadi rendah.

Hemoglobin yang kaya zat besi ini bertanggung jawab untuk membawa oksigen dari paru-paru ke otak besar dan berbagai organ penting lainnya. Perkembangan oksigen yang lancar ini akan bekerja dengan zat dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Jadi, jika tubuh kekurangan pasokan hemoglobin, tidak heran jika Anda merasa lelah.

Selain mudah lelah, ada beberapa gejala anemia lain yang juga perlu Anda waspadai, khususnya:

1. Kelelahan Berkepanjangan

Jika Anda merasa lelah terus-menerus selama kurun waktu yang cukup lama, Anda mungkin mempunyai jumlah sel darah merah yang rendah. Dengan begitu, energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi sel darah merah.

2. Terasa Sakit Di Dada

Kondisi ini dapat terjadi ketika ada beberapa sel darah merah mengalir di tubuh Anda. Jantung harus bekerja sangat keras untuk menyalurkan darah merah ke seluruh jaringan tubuh. Seperti yang dijelaskan oleh Reader’s Digest, inilah sebab mengapa dada Anda akan terasa perih. Karena jantung akan berdenyut lebih cepat, menyebabkan tekanan di dada.

3. Migrain

Penderita yang kekurangan zat besi secara terus-menerus akan mengalami migrain yang berkepanjangan. Terlebih lagi, tidak adanya sel darah merah akan membuat otak kekurangan aliran oksigen, sehingga kapasitas otak tidak berfungsi secara maksimal.

4. Inflamasi atau nyeri di Lidah

Kadar zat besi yang rendah di dalam tubuh juga menimbulkan masalah mulut, terutama lidah. Penderita penyakit ini akan mengalami efek pucat dan membengkak di bagian lidah. Sesuai National Library of Medicine, tidak adanya oksigen akan menyebabkan masalah pada lidah seperti bagian tubuh yang lainnya. Umumnya, lidah orang yang kurang darah akan timbul inflamasi atau nyeri.

5. Kulit Pucat

Jangan berharap bila Anda mempunyai kulit yang kelihatannya tampak sehat, tetapi membutuhkan lebih banyak sel darah merah. Terlebih lagi tanpa kerja zat besi dan nutrisi B12, suplai darah ke kulit akan berkurang. Yang akhirnya akan membuat warna kulitmu menjadi pucat, bahkan terlihat kuning, lho.

6. Sistem Imun Menurun

Zat antibodi tidak akan tersampaikan secara maksimal jika tubuh membutuhkan suplemen seperti zat besi. Oleh karena itu, penderita dengan kekurangan zat besi umumnya akan mempunyai sistem imun yang tidak sempurna. Orang yang kekurangan zat besi juga rentan terhadap beberapa penyakit, seperti influenza, batuk atau infeksi kulit.

Itulah sebagian besar dampak dari anemia. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kamu dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang ampuh dalam menambah darah diantaranya:

  1. Konsumsi Yogurt dan Kunyit
    1. Kismis dan Kurma
    1. Perbanyak Sayuran Hijau
    1. Tingkatkan Asupan Vitamin C
    1. Biji Wijen
    1. Jus Bit atau Delima

Agar anemia tidak menyebabkan masalah medis lainnya, Anda juga harus konsumsi makanan dan minuman penambah darah di atas, termasuk suplemen penambah darah yang dijual di apotek dan yang diberikan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *