Konsumsi Makanan ini Untuk Mencegah Anemia

KURANG DARAH

Berbagai makanan penambah darah bisa ditemukan dalam sekitar kita. Untuk mencegah penyakit anemia, makanan penambah darah perlu dikonsumsi agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik.

Proses peredaran oksigen ke semua sel dan jaringan tubuh akan terganggu ketika seseorang mengalami gejala kurang darah. Hal ini menyebabkan kondisi tubuh akan terasa lemas, pusing kepala, hingga kulit pucat.

Penyakit anemia bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi beragam jenis makanan penambah darah. Jenis makanan penambah darah ada banyak, diantaranya seperti sayuran hijau, buah-buahan, daging merah, hingga biji-bijian.

Berikut ini ada beberapa makanan penambah darah yang bisa anda konsumsi:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau terutama berwarna hijau gelap merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi non-heme. Beberapa sayuran berdaun hijau yang memiliki zat besi seperti brokoli dan bayam.

Untuk membantu proses penyerapan zat besi dari sayuran hijau, Sebaiknya anda juga mengkonsumsi vitamin C. Sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin C maupun membantu meningkatkan penyerapan zat besi, seperti bayam, brokoli, dan kale.

2. Daging Merah dan Unggas

Daging merah maupun daging unggas memiliki kandungan zat besi heme. Daging domba dan daging sapi termasuk salah satu daging merah. Lalu, yang termasuk daging unggas seperti ayam dan bebek. Jika dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau, kandungan vitamin C dalam daging merah dan unggas dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Hati

Organ hati memiliki kandungan zat besi maupun folat yang sangat banyak dan bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit anemia. Organ hati yang bisa anda konsumsi yaitu, hati sapi dan hati ayam. Tetapi, Mengkonsumsi hati secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Seafood

Beberapa makanan laut atau seafood ternyata juga memiliki kandungan zat besi heme yang baik. Salah satu contoh makanan laut di antaranya seperti kerang, kepiting, dan udang. Ikan tuna dan ikan kembung merupakan ikan yang memiliki kandungan zat besi sangat tingggi.

Mengkonsumsi kalsium bersamaan dengan makanan laut bisa mengurangi penyerapan pada zat besi. Oleh karena itu, Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium bersamaan dengan makanan kaya zat besi harus dihindari. Salah satu contoh makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, yoghurt dan keju.

5. Kacang-kacangan

Ternyata kacang-kacangan memiliki sumber zat besi yang baik. Kacang merah, buncis, kedelai, kacang polong dan kacang hitam merupakan beberapa pilihan kacang yang tinggi zat besi.

6. Biji-bijian

Selain mengandung serat, Biji-bijian juga memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang berfungsi untuk membangun darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah penyakit anemia.

7. Buah-buahan

Beberapa macam buah-buahan juga bisa menjadi makanan penambah darah yang dapat dikonsumsi oleh orang pengidap penyakit anemia. Beberapa buah yang bisa dikonsumsi seperti semangka, apel, delima, stroberi, jeruk, dan pisang.

Itulah beberapa makanan penambah darah yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Jika perlu, gunakan suplemen penambah darah agar kebutuhan nutrisi darah harian Anda terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *